Minggu, 14 Oktober 2012

Peranan dan Fungsi B.indonesia dan Fungsi B.Indonesia Secara Umum

1. Peranan bahasa Indonesia dalam konsep ilmiah

Bahasa adalah bagaimana kita saling berkomunikasi antara anggota masyarakat berupa dengan cara berbicara. Dengan berbahasa, kita bisa saling memahami antara yang satu dengan yang lain. Agar komunikasi yang dilakukan berjalan lancar dengan baik, penerima dan pengirim bahasa harus harus menguasai bahasanya supaya tidak terjadi kesalahpahaman.
Bahasa juga merupakan salah satu faktor pendukung kemajuan suatu bangsa karena bahasa merupakan sarana untuk membuka wawasan bangsa (khususnya pelajar dan mahasiswa) terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang. Jadi bisa  dikatakan, bahasa merupakan sarana untuk menyerap dan mengembangkan pengetahuan.
dikatakan b.Indonesia sebagai sarana untuk menyerap adalah dimana kita saling mengeluarkan pendapat secara lisan atau bisa dikatakan apa yang kita ungkapkan adalah sebuah informasi penting. Sedangkan bahasa untuk mengungkapkan hasil pemikiran adalah dimana apa yang kita pikirkan dapat kita tuangkan melalui bahasa kita secara lisan.

2. Fungsi Bahasa Indonesia secara umum

  • Bahasa sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan alat untuk merumuskan maksud kita.
  • Dengan komunikasi, kita dapat menyampaikan semua yang kita rasakan, pikirkan, dan ketahui kepada orang lain.
  • Dengan komunikasi, kita dapat mempelajari dan mewarisi semua yang pernah dicapai oleh nenek moyang kita dan apa yang telah dicapai oleh orang-orang sejaman kita.
  • Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi melalui lisan (bahsa primer) dan tulisan (bahasa sekunder). Berkomunikasi melalui lisan (dihasilkan oleh alat ucap manusia), yaitu dalam bentuk symbol bunyi, dimana setiap simbol bunyi memiliki cirri khas tersendiri. Suatu simbol  bisa terdengar sama di telinga kita tapi memiliki makna yang sangat jauh berbeda. Misalnya kata ’sarang’ dalam bahasa Korea artinya cinta, sedangkan dalam bahasa  Indonesia artinya kandang atau tempat.
  • Tulisan adalah susunan dari simbol (huruf) yang dirangkai menjadi kata bermakna dan dituliskan. Bahasa lisan lebih ekspresif di mana mimik, intonasi, dan gerakan tubuh dapat bercampur menjadi satu untuk mendukung komunikasi yang dilakukan. Lidah setajam pisau / silet oleh karena itu sebaiknya dalam berkata-kata sebaiknya tidak sembarangan dan menghargai serta menghormati lawan bicara / target komunikasi.
  • Bahasa sebagai sarana komunikasi mempunyai fungsi utama  bahasa adalah bahwa komunikasi ialah penyampaian pesan atau makna oleh seseorang kepada orang lain. Keterikatan dan keterkaitan bahasa dengan manusia menyebabkan bahasa tidak tetap dan selalu berubah seiring perubahan kegaiatan manusia dalam kehidupannya di masyarakat. 

Bahasa sebagai alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan

Fungsi Bahasa Indonesia sebagai alat mengembangkan ilmu pengetahuan. Sebagai alat mengembangkan ilmu pengetahuan, bahasa Indonesia memiliki peran yang sangat penting. Yaitu dalam segi  budaya atau sejarah, bahasa Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang. Mulai dari perubahan kosakata ataupun ejaan. Dengan adanya sejarah tersebut, pengetahuan yang akan kita dapat akan semakin bertambah. Selain itu, bahasa Indonesia sendiri masih banyak digunakan dalam berbagai pengembangan teknologi yang ada, meskipun kebaradaannya sedikit tersingkir dengan digunakannya bahasa inggris yang lebih bersifat internasional.

sumber:
http://vhi3y4.wordpress.com/2010/02/27/fungsi-bahasa-sebagai-alat-komunikasi/
http://thisjustfor-fun.blogspot.com/2012/09/fungsi-bahasa-indonesia-secara-umum.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar