Sabtu, 15 Desember 2012

Alinea

A.Pengertian Alinea
   Alinea adalah kesatuan pikiran yang lebih luas daripada kalimat, berupa penggabungan beberapa kalimat yang mempunyai satu gagasan. 


B. Tujuan Pembuatan Aline

- Memudahkan pengertian dan pemahaman dengan menceraikan suatu tema dari tema yang lain. 
- Memisahkan dan menegaskan perkataan secara wajar dan formal, untuk memungkinkan kita berhenti lebih lama daripada perhatian pada akhir kalimat. 

C. Macam-macam Alinea
 
- Berdasarkan Tujuannya ada 3 macam yaitu:
1. Alinea pembuka : Alinea pembuka biasanya memiliki sifat ringkas menarik, dan bertugas menyiapkan pikiran pembaca kepada masalah yang akan diuraikan.

2. Alinea penghubung : Alinea penghubung berisi inti masalah yang hendak disampaikan kepada pembaca. Secara fisik, paragraf ini lebih panjang dari pada alinea pembuka.

3. Alinea penutup :  Alinea penutup biasanya berisi simpulan (untuk argumentasi) atau penegasan kembali (untuk eksposisi) menenai hal-hal yang dianggap penting.

D. Syarat-Syarat dari Alinea
 
  - Kesatuan Alinea. Untuk menjamin adanya kesatuan alinea, setiap alinea hanya berisi satu ide pokok, satu topik/masalah. 
- Kepaduan ( koherensi) suatu alinea dikatakan padu jika dibangun dengan kalimat-kalimat yang berhubungan logis. 
- Ketuntasan ialah kesempurnaan. Hal ini dapat diwujudkan dengan: 
- Konsistensi Sudut Pandang adalah cara penulis menempatkan diri dalam karangannya.  




contoh alinea:
Sesuatu hal yang kita inginkan pasti dapat kita raih, asalkan kita mempunyai sebuah tekad dan keinginan yang kuat. Serta usaha yang tak sia-sia kita lakukan. Begitu juga dengan doa yang kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar