Minggu, 05 Januari 2014

PPT MAC (Medium Access Control)

MAC (Medium Access Control)

MAC Address (Medium Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.

Channel Allocation LAN (Alokasi Saluran LAN)

Cara tradisional dalam mengalokasikan sebuah saluran dengan banyak pengguna yang berkompetisi adalah dengan menggunakan Frequency Division Multiplexing (FDM). Bila terdapat N pengguna, maka bandwidth dibagi menjadi  N buah bagian yang berukuran sama.

Saluran Dinamik Pada LAN

Terdapat beberapa asumsi saluran dinamik pada LAN, sebagai berikut :
Model Stasiun
Asumsi Saluran Tunggal
Asumsi Tabrakan
Waktu Kontinu
Waktu Slot
Carrier Sense
No Carrier Sense

MULTIPLE ACCESS PROTOCOLS
Macammacam Multiple Access Protocols
 
1.Aloha
2.Carrier Sense Multiple Access Protocols
3.Protokol-Protokol Bebas Tabrakan
4.Protokol Persaingan Terbatas
5.Wavelength Division Multiple Access Protocol
6.Protokol LAN tanpa kabel
7.Radio Selular Digital
  Aloha Murni

Ide dasarnya : Membiarkan pengguna untuk melakukan transmisi kapan saja bila memiliki data yang akan dikirimkan. Tentu saja akan terjadi tabrakan dan frame-frame yang bertabrakan akan hancur. Dengan sifat umpan balik dari broadcasting, pengirim selalu mengetahui kondisi frame bersangkutan.

 
Aloha Ber-Slot
Meningkatkan kapasitas sistem ALOHA,  yaitu membagi waktu kedalam interval-interval diskrit, yang masing-masing intervalnya berkaitan dengan sebuah frame. Komputer tidak diijinkan untuk mengirimkan sesuatu setiap saat tombol ENTER diketikkan. Akan tetapi, pengiriman frame memerlukan waktu tunggu sampai awal slot berikutnya.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar