Selasa, 13 Maret 2012

Resume Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran Kelompok 1

Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu. Teori permintaan yaitu analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menemukan permintaan, dan bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi keseimbangan.
Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu atau keadaan keseluruhan dari hubungan antara harga dan jumlah penawaran. Teori Penawaran yaitu analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menentukan penawaran dan bagaimana faktor-faktor ini akan menentukan keseimbangan dan perubahan keseimbangan di pasar.
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan adalah selera, pendapatan konsumen, harga barang/jasa pengganti, harga barang/jasa pelengkap, perkiraan harga di masa datang, intensitas kebutuhan konsumen.
faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran adalah biaya produksi, tujuan perusahaan, ketersediaan barang pengganti, prediksi/perkiraan harga di masa depan.
beberapa pertanyaan:
1. pada gambar keseimbangan ada dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai contohnya seorang pedagang cabai yang menjual cabainya dengan harga 5000, tetapi seorang pembeli menawarnya dengan harga 3500. harga asli cabai tersebut adalah 3800 dan akhirnya penjual dan pembeli sepakat dengan harga tersebut karena sudah sama-sama untung. maka terjadilah keseimbangan.
2. jika dalam kehidupan sehari-hari, apakah solusinya jika minyak tanah dan kompor gas tidak ada? maka kemungkinannya memakai kayu bakar.
3. jika harga naik maka permintaan turun, bagaimana jika harga bbm naik, apakah permintaan turun? karena bbm adalah kebutuhan pokok, maka bbm akan tetap dipenuhi karena itu termasuk barang pokok.
4. jika dalam pengiriman barang terjadi kendala contohnya dalam laut jika kapalnya ada masalah, apakah yang terjadi? jika contoh barangnya adalah cabai, kemungkinan besar adalah pedagang harus siap rugi dengan segala kemungkinan yang terjadi karena ia harus siap bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar